Wednesday 20 February 2013

PENGERTIAN JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai computer termasuk telepon genggam. Bahasa  ini awalnya dibuat oleh James Gosling yang pada saat itu masih bergabung dengan Sun Microsystem, tapi saat ini telah menjadi bagian dari Oracle dan dirilis pada tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaks yang ada pada bahasa C dan C++ namun dengan sintaks model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi java pada umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemgrograman yang bersifat umum/nonspesifik (general purpose), dan secara khusus didesign untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java dapat berjalan pada semua system operasi yang berbeda, java dikenal dengan slogannya “tulis sekali, jalankan di manapun”. Saat ini java adalah bahasa pemrograman yang paling popular, selain dapat digunakan untuk membuat perangkat lunak aplikasi atau berbasis web.
  1.  J2ME (Java 2 Platform Micro Edtion), Java 2 Platform Microp Edition adalah salah satu jenis java yang digunakan untuk membuat aplikasi HP dan PDA, atau yang berbasis micro (kecil).
  2.  J2SE (Java 2 Platform Standard Edition), Java Standard Editoin banyak digunakan sebagai platform untuk pemrograman dalam bahasa java.
  3. J2EE (Java 2 Platform Enterprise Edition), Java Enterprises Edition banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi skala besar/enterprise.